Macam-macam Jenis Kain Flanel


berbagai macam kualitas kain flanel
Halo sista apa kabar semoga dalam keadaan sehat dan bahagia selalu, pada tulisan ini saya akan memberikan informasi tentang jenis kain flanel dari bahan, jenis, dan model, mungkin selama ini kita hanya tahu bahwa kain flanel hanya ada dua jenis yaitu buatan china dan taiwan, jika anda berfikir seperti itu anda tidak sendiri karena awalnya saya pun dulu berfikiran seperti itu.


Sama seperti kain jenis lainnya kain flanel juga punya type yang berbeda pula baik dari jenis, bahan, model ketebalan dan lain sebagainya disini ada beberapa kategori kain flanel

Kain flanel berdasarkan bahan

1. Kain Flanel Akrilik

Kain flanel bahan akrilik adalah kain flanel yang berbahan akrilik atau sejenis serat plastik, kain flanel jenis ini yang banya digunakan oleh kita saat ini, kualitas kain flanel dari bahan ini berbeda-beda tergantung harga hehehe harga emang ga bisa bohong, kain flanel bahan akrilik yang bagus biasanya padat dan mudah berbulu.
jenis-jenis kain flanel

2. Kain Flanel Bamboo

Flanel bamboo terbuat dari bahan bambu dan campuran serat kayu. Sering disebut eco friendly karena dibuat dari bahan2 yang mudah terurai alam.

Jenis-jenis Kain Flanel


3. Kain Flanel Blend

Jenis flanel ini merupakan campuran dari 2 bahan. Yang biasa saya pakai menggunakan campuran wool domba & rayon. persentase masing2 komponennya pun berbeda2. kenapa saya pakai yang ini ? karena variasi warna nya. selain itu, untuk jenis ini kainnya lebih padat dan ga gampang melar, jadi bisa saya gunakan untuk kreasi yang berukuran kecil sekali.

Jenis-jenis Kain Flanel


 4. Flanel 100 Persen Wool

Kain flanel jenis ini berbahan dasar 100 persen wol, tekstur nya lebih berserat dan tebal tidak mengherankan jika harganya paling mahal dintara jenis kain flanel yang lainnya, di Indonesia sangat jarang yang menjual flanel jenis ini, kalo saya mikir dua kali kalo mau beli bahan jenis ini mahal boo..

jenis-jenis kain flanel

5.Kain Flanel Polyester

Untuk flanel ini, harganya gak jauh beda sama sama yang acrylic . beda nya, yang polyester lebih licin ketika disentuh dan sedikit mengkilat.


Beberapa jenis flanel diatas ada yang belum banyak beredar di Indonesia, misalnya bahan wool dan eco-felt. Sedangkan yang banyak beredar luas adalah bahan polyester dan bahan akrilik, memang dari beberapa bahan tersebut bahan wool paling awet dan mahal, namun jika kita bisa dengan kreatif mengolah kreasi flanel dengan bahan yang lain dengan menarik, pasti bisa lebih esklusif terlihat.

Jika dilihat sekilas mungkin sama saja antara kain flanel yang satu dengan yang lainnya untuk membedakannya kita harus melihat secara langsung dan menyentuh nya, jika sudah menyentuhnya akan terasa perbedaannya antara flanel yang satu dengan yang lain, saya juga belum pernah melihat flanel bamboo dan polyester karena memang masih jarang yang jual.

oh ya ada satu lagi jenis flanel yaitu flanel fleece, flanel fleece ini berbentuk serabut seperti kapas terbuat dari bahan wool cara pengolahannya dengan ditusuk2 jarum, atau dicuci makanya sering disebut needle felt




contoh hasilnya kurang lebih seperti ini :




1 Response to "Macam-macam Jenis Kain Flanel"

  1. Selamat pagi flanel-mu.com, saya mau tanya, kain flanel bamboo ada yg tebal 3 ato 4mm ? Satu roll kain flanel berapa yard / meter dan lebarnya berapa ? Harga per rollnya berapa thank you.

    ReplyDelete